Konfigurasi SIP Softphone pada IP PBX

Udah lama gak nyoret2 wordpress , setaun jeh....
biar pinter.. ya bagi2 :D
OK, langsung ke konfigurasi softphone base on SIP pada IP PBX.
SIP phone yang saya gunakan Ekspress Talk sedangkan SIP Servernya / IP PBX yang saya pake Alcatel OXO.
Untuk ekspress talknya bisa diunduh di http://www.nch.com.au/talk/index.html

Konfigurasi Ekspress Talk :

Ini nih tampilannya
Masuk Ke menu Options, kemudian Tab Lines
secara berturut2 isi Display Namenya (CID), IP SIP Server nya dalam hal ini IP PBXnya
kemudian isi Extention yg sudah diassign di IP PBXnya, easy bro...

Sekarang masuk ke Tab Networks, kemudian isi IP static PC yg digunakan

Ok beres, setting di ekspress Talk cmn itu aj

Sekarang kita ke IP PBX nya
Remote oxo IP PBXny dan lakukan konfigurasi pada Automatic Routing Selectionnya, lihat dibawah ya:

kalo step diatas udah dilakuin semua, 
monggo ditancepin headsetnya terus coba tes cuap2 ke ekstention yg lain
Selamat mencoba....
Iklan

Jual Beli Anak

Prihatin juga waktu ngelihat tayangan berita di salah satu televisi kita, bayi yang baru dilahirkan dijual sendiri oleh ibunya . Coba bayangkan… apa itu wajar, kalo ada 26 kasus jual beli anak. Coba tanya kenapa???? Stop !!! ndak usah mikir yang jauh2 deh.

Monggo sedulur kita siapkan diri kita untuk menata diri dan keluarganya masing2        ( Apa coba!!!!!! Kyk jaman Penataran P4 😀 )

Menerawang jauh… sambil berdoa mudah – mudahan dimudahkan dalam berkeluarga nanti, Amiiinnn

Cisco VLAN

Hari ini lagi mood pingin belajar Cisco, setelah Sabtu – minggu kemaren training CCNA di ID -Network. Kali ini tentang VLAN, sebenarnya banyak artikel soal ini kalo kawan2 mo browse di Googlw. Yang sy coba tadi designya seperti ini :

Oh ya, sy nyobanya pake Packet Tracer 5.0…

Konfigurasi di Switch :

Switch(config)#vlan 10         ………….ID VLAN

Switch(config-vlan)#int f0/2

Switch(config-if)#switchport access vlan 10 …… int f0/2 masuk dalam grup VLAN 10

Switch(config-if)#exit

Switch(config)#vlan 20

Switch(config-vlan)#int f0/3

Switch(config-if)#switchport access vlan 20  ….. int f0/3 masuk dalam grup VLAN 20

Switch(config-if)#exit

Switch(config)#int f0/1

Switch(config-if)#switchport mode trunk ………. mengaktifkan port switch yang terkoneksi dengan router

Konfigurasi di  Router :

Router>ena

Router#conf t

Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.

Router(config)#int f0/0

Router(config-if)#no sh …………. mengaktifkan port yang terkoneksi dnegan switch

%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/0, changed state to up

%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface FastEthernet0/0, changed state to up

Router(config-if)#int f0/0.10 …….. angka 0.10 menunjukkan ada 10 interface virtual pada VLAN 10

%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/0.10, changed state to up

%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface FastEthernet0/0.10, changed state to up

Router(config-subif)#encapsulation dot1q 10 …….. Angka Sepuluh menunjukkan ID VLAN

Router(config-subif)#ip addr 10.10.10.1 255.255.255.0 ……………..  Memberikan IP Gateway pada router untuk VLAN 10

Router(config-subif)#exit

Router(config)#int f0/0.20

%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/0.20, changed state to up

Router(config-subif)#encapsulation dot1q 20

Router(config-subif)#ip addr 20.20.20.1 255.255.255.0

Router(config-subif)#exit

Goal dari Konsep diatas adalah antara Client VLAN 10 dengan Client di VLAN 20 harus bisa saling ping.

Ok, Mugo2 manfaat.. Sorry kalo ada yang ndak jelas ato salah, soalnya masih Newbie  😀

Semut Merah…

Selalu saja…para semut biasanya nggak jauh2 amat ama yang namanya gula ato yang manis2. Metode semut2 itulah yang kayaknya dijadikan bahan rujukan ama para hidung belang ( bahasanya… ckckck ) ato para jomblo yang nggak laku2, asyemmmm ….. embohhhh wisss.

Selalu ada aja yang ngedeketin yang manis2, bikin muntab abisss…

Kagak tau aturan kayaknya….

 

War is begin…… 😀

Ijin ngasah Golok Harimau dulu……

Gema Takbir

Syahdu

Ada getar di dada

Rindu sekali

Entah kapan aku kembali….

Ya Rabb….

Rindu telah membuncah

Hanya Engkau penilai ketakwaan hamba

Written in d’opis sambil nuggu jemputan

 

Semoga Allah menerima amal ibadah kita

Allahu Akbar… Allahu Akbar… Allahu Akbar

Harus Memilih….

Mo kerja kepikiran terus, mo makan.. malah pingin nambah :D. Mo beol.. ya beol aja….

Tapi emang bikin mumet untuk milih yang satu ini, A S L I …. Sekali seumur hidup, kata orang tua..

Ngomong apaan sih ini?

Semoga Allah memberikan yang terbaik, lho…. opo maneh iki????

Dan, deadlinenya pun makin dekat…

Ya Rabb… Hanya Engkaulah Maha Penentu

Tunjukkan yang terbaik bagi hamba…

Hanya pada Engkaulah hamba memohon pertolongan…

Jikalau ini memang baik bagi hamba, mudahkan Ya Allah..

Amiiinn

Saya Malu…..

Saya Malu…. Ketika Allah mempertemukan saya dengan Pak Sumadhi, pemilik Kios BBM eceran di Samping Kantor Pos kota Semarang. Meskipun usianya yang melebihi setengah abad, tapi semangatnya untuk survive sangat luar biasa. Bahkan, beliau masih kuat mengayuh sepedanya yang di kanan kirinya terikat jurigen minyak 20 literan, hanya untuk mendapatkan bensin dari pom bensin terdekat. Kemudian saya menerawang…… tertunduk malu, sembari mengingat beberapa hal yang membuat saya down, hopeless plus males beberapa tahun yang lalu. Sangat malu……

Saya Malu…… Ketika seorang kawan dari Lembaga Zakat di Kota Cilegon memberitahu saya bahwa ada sebuah desa yang letaknya tidak jauh dari tempat saya bekerja ternyata termasuk desa tertinggal, bahkan untuk MCK dan Fasilitas Air bersih pun tidak ada, hanya bergantung dari sungai dangkal yang membelah desa …….. Saya pun semakin malu, takut kalau Allah tak lagi memperhatikan saya akibat kelalaian saya untuk memperhatikan orang – orang disekitar saya…..

Saya Malu….. Ketika keinginan untuk membeli buku telah tercapai, tapi kesempatan dan kemauan untuk selalu dekat dengan buku tidak tercapai….. Sampai – sampai ada beberapa buku yang belum terbaca, bahkan cenderung ke arah mubazir… Dan mubazir selalu berteman dengan Syetan… Astaghfirullah…..